Menang Tanpa Ngasorake

PERCIK.ID- 79’ menit berjalan, Prancis tidak menunjukkan permainan yang layak sebagai finalis. Final Piala Dunia 2022 sepertinya akan berakhir sebagai pertandingan yang membosankan. Argentina terlalu dominan dan mendikte permainan. Para pemain Prancis, bahkan kalah trengginas dibandingkan dengan “Riung Rimba”, tim tarkam dari desa saya yang bayarannya cuma traktiran sarimi dan extrajos. 

 

Dalam posisi tertinggal, Prancis seolah pasrah atas hasil yang mereka terima. Sama sekali tidak tampak keinginan untuk bangkit dan menang sampai ketika Mbappe melesakan gol penalti di menit ke 80’ dan menggenapinya satu menit berselang lewat sepakan akrobatiknya. Dalam tempo 2 menit situasi berubah. Bayangan-bayangan yang seolah telah jadi kenyataan, kembali dipertanyakan. 

 

Pada akhirnya Prancis kalah adu penalti setelah memaksakan skor 3-3 di babak perpanjangan waktu. Mestinya, mereka punya peluang besar mengakhiri pertandingan dengan kemenangan, jika peluang besar di menit 120 + 3’ berhasil dituntaskan Kolo Muani. Tetapi Emi Martinez memupus harapan itu dengan satu kaki. 

 

Setelah partai final berakhir dan Argentina keluar sebagai juaranya, banyak orang merasa lega. Messi akhirnya berhasil mendapatkan trofi Piala Dunia. Kepingan puzzle terakhir paling berharga untuk menahbiskan dirinya sebagai pemain terbaik segala masa. Kisahnya seperti sebuah film bagus dengan akhir bahagia. 

 

Perdebatan tentang siapa yang terbaik di antara Messi dan Cristiano Ronaldo, berakhir sudah. Begitu kata banyak media yang lantas diamini para pembacanya. Trofi Piala Dunia jadi patokan. Perdebatan tak bisa dilanjutkan sebab salah satunya dipastikan tak akan memilikinya. Yang banyak terjadi sebenarnya bukan perdebatan, melainkan adu lihai membuat olok-olokan. 

 

Orang-orang “bersuara” melalaui kolom komentar. Menyatakan dukungan dan pendapatnya mengenai pemain idolanya.  Kemudian kita mendapati fakta bahwa nyatanya tak cukup sekadar mencintai tanpa mencaci maki. Tak ada rasa kagum yang tidak dibarengi cibiran. Kemenangan tanpa ejekan adalah kemustahilan. Menang tanpa ngasorake jadi sebuah ungkapan dan nilai yang sulit ditemukan peristiwanya. 

Bukankah memang demikian cara dunia bekerja; ada hitam dan putih, panas dan dingin, siang dan malam juga cinta dan benci. Rangkaian yang tidak bisa dipisahkan. Tugas manusia adalah mengendalikannya, alih-alih membebaskannya. 

 

Emi Martinez menggendong “bayi” Mbappe pada perayaan juara di Buenos Aires tanpa merasa malu bahwa “bayi” itu membobol gawangnya sebanyak 4 kali. Sportifitas yang merupakan ruh dari sepak bola dan kehidupan tampaknya  sedang diabaikan. Manusia tidak cukup hanya meraih kemenangan, mereka musti pula berusaha untuk tidak merendahkan.

 Freelence Writer & Pedang Buku "Makaru Makara"      

إرسال تعليق

أحدث أقدم